Home » » IMM Gelar Sarasehan 4 Pilar

IMM Gelar Sarasehan 4 Pilar

Written By Unknown on Minggu, 16 Juni 2013 | 07.27

Cerita dari Jember- Kawan, hari ini di
hall room hotel Royal Jember, IMM Korkom UMJ bersama MPR RI, menyelenggarakan Sarasehan Nasional Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Hadir dalam acara tersebut, wakil MPR RI, Drs. HM Hajriyanto Y. Thohari. M.A.

Pada pemaparannya kawan, Hajriyanto mengupas tentang kepancasilaan, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, sampai pada pembahasan tentang Bhineka Tunggal Ika. Bukan hanya itu kawan, dalam pembahasannya, Hajriyanto juga banyak membandingkan tentang kehidupan warga negara Indonesia dengan negara lain.

Menurut Hajriyanto kawan, meski negara memiliki 4 pilar yang kokoh, namun bukan berarti tidak akan pecah-belah. Sebab secara prinsip, perpecahan akan terjadi jika pilar yang telah dimiliki bangsa, dibiarkan tanpa ada penjagaan oleh warganya sendiri. Oleh karenanya, dia mengajak anak bangsa untuk selalu mengkawal 4 pilar yang dimiliki bangsa ini.

Ironisnya kawan, Hajriyanto sempat menyampaikan, jika perusak pilar tersebut sebenarnya penyelenggara negara tersebut. Hal itu dia contohkan pada budaya korupsi, yang banyak dilakukan pejabat negara. "Yang merusak pilar tersebut,  sering dilakukan penyelenggara negara. Namun, rakyat juga meniru kebiasaan buruk itu," ujarnya, sambil tersenyum dihadapan puluhan audiens.

Ahmad Rubai salah seorang anggota Komisi 8 DPR RI, yang juga pemateri menjelaskan tentang falsafah pemersatu negara, yaitu Pancasila. Dia menegaskan, kekuatan kesatuan bernegara, harus memiliki prinsip lima sila yang termaktub pada butir Pancasila.

Bukan hanya Hajriyanto dan Ahmad Rubai saja, yang berkesempatan menjadi pemateri pada hari ini kawan, dosen fakultas Hukum UMJ, Djoko Purwanto, SH, M.Hum menyinggung tentang supermasi MPR yang beralih pada supermasi konstitusi. Bahkan sejak tahun 1999, ada degradasi peran yang terjadi di MPR. Begitu kawan, cerita tentang saresan yang digelar IMM hari ini. (Ulal)

Reporter : Ulal Asmaul Khusna
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


 
Support : Ensiklopediakku | CeritaJember
Copyright © 2013. Cerita Jember - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by CeritaJember
Proudly powered by Ensiklopediakku