Home » » Kepala Dinsos Bantu Warga Miskin

Kepala Dinsos Bantu Warga Miskin

Written By Unknown on Minggu, 09 Juni 2013 | 08.49

Cerita Jember- Kawan, setelah mendapat cerita dari sejumlah orang, jika ada seorang wanita dengan empat orang anak, hidup dibawah garis kemiskinan, akhirnya kepala dinas sosial (Dinsos) Jember, Eko Heru Sunarso turun tangan.

Sabtu sore ini (9/6), bersama camat Patrang dan Lurah Jember Lor, Heru mendatangi rumah Wakik, keluarga miskin itu, untuk membantu sekolah ketiga anaknya, dan menanggung biaya persalinan ibu dengan empat orang anak itu.

Dengan mengendarai mobil dinasnya itu kawan, Heru beserta rombongannya tersebut, mendatangi rumah tumpangan Watik, yang ada di gang IV jalan Wijaya Kusuma Jember. Setiba dirumah bernomer 20 itu, Heru langsung menggendong anak keempat Watik, yang bernama Laura.
Watik yang saat itu memakai kaos berwarna putih, merasa biasa saja dengan kedatangan rombongan itu. Sebab Watik menduga kawan, rombongan itu sama seperti donatur lainnya. "Maaf pak, saya tidak tahu kalau bapak dari Dinsos," ujar Watik kepada Heru.

Perbincangan penuh keakraban antara Watik dan rombongan itu, mulai terasa pada sore kemarin. Namun akhirnya, ketika ketua RT dilingkungan rumah Watik, datang menghampiri rumah itu, dengan memberikan penjelasan, status kependudukan Watik dan empat anaknya. Akhirnya, sempat terjadi suasan yang tidak mengenakan kawan.

“Saya ingin meluruskan pak, jika Watik ini sebenarnya bukan masuk dalam warga kami. Sebab dia masih belum mengurus surat pindah dan tidak memiliki KK (kartu keluarga). Jadi memang, dia belum kami beri beras raskin,” cerita Selamet, ketua RT setempat.

Sebenarnya kata ketua RT tersebut, kehidupan keluarga Watik semakin susah, setelah suaminya pergi meninggalkannya, dengan perempuan lain pada beberapa waktu lalu. “Suaminya ini nikah lagi pak. Bahkan dulu istrinya dibawah kerumah ini, dan tinggal satu atap dengan Watik dan anak-anakny,”, ungkap Selamet.

Dihadapan ketua RT dan keluarga Watik, Heru bersedia membiayai sekolah ketiga anak Watuk, sekaligus memberikan jalan, agar persalinan kandungan Watik yang semakin membesar, bisa dibiayai pemerintah. “Kami ini dapat perintah dari bapak bupati MZA Djalal, untuk membantu ibu Watik Jadi saya harap, ibu memaklumi itikat kami ini,” tutur Heru pada Watik.

Mendengar pernyataan dari orang nomer satu, di lingkungan Dinsos Jember itu, rona wajah ibu dengan empat orang anak itu, terlihat bahagia. Akhirnya, Watik pun hanya bisa berucap terimakasih, pada mantan camat Wuluhan itu. “Tolong sampaikan ke pak bupati pak, saya ucapkan terimakasih,” ujar perempuan berusia 30 tahun itu.

Anang Supriyanto, Lurah Jember Lor mengungkapkan kawan, jika Watik secara administratif, memang masih belum tercatat sebagai  penduduk Jember Lor, seperti pada alamat rumah yang ditempatinya.Jadi katanya, Watik memang tidak memiliki hak, untuk mendapatkan jatah bantuan sosial, seperti beras Raskin dan sebagainya.

Namun setelah mendapatkan pernyataan jika Watik berniat mengurusi kewajiban administratif, akhirnya, Lurah dengan murah senyum itu, bersedia memfasilitasi Watik. “Ibu Wtik ini mengakui jika masih belum punya KK. Jadi ya jelas, dia tidak berhak menerima bantuan sosial dari pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ruslan Abdul Gani, Camat Patrang bersedia membantu mendaftarkan kedua anak Watik, yang sempat putus sekolah tersebut. Bahkan dia akan memberikan seragam, untuk sekolah anak Watik tersebut. “Saya membantu semampunya saja mas. Ini malah kita akan mintakan sumbangan kepada kepala dinas lainnya,” ujarnya sambil tersenyum.

Ruslan menambahkan, meski pihaknya telah sanggup membantu keluarga Watik. Namun dia masih berharap, ada sumbangsih bantuan dari masyarakat lainnya. “Permasalahan seperti bu Watik ini tanggung jawab kita bersama. Jadi jika ada masyarakat yang bernasib seperti bu Watik ini, mari kita ringankan bebannya bersama,” ujarny. Begitu kawan, cerita tentang kunjungan Kepala Dinsos Jember. (Ruv)

Reporter : Ruvi Bela Negara
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


 
Support : Ensiklopediakku | CeritaJember
Copyright © 2013. Cerita Jember - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by CeritaJember
Proudly powered by Ensiklopediakku